Candi Prambanan



CANDI PRAMBANAN di Yogyakarta sangat popular dengan kemegahannya dan pemandangan menakjubkan disekitar candi tersebut. Bagi anda yang hobi traveling atau hobi piknik dan hunting, rugi kalau tidak mampir di candi tersebut. Candi yang menjulang tinggi keatas setinggi 47 meter dan memiliki 224 candi. Sungguh elok bukan??


Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.

Prambanan juga memiliki relief candi yang memuat kisah Ramayana. Menurut para ahli, relief itu mirip dengan cerita Ramayana yang diturunkan lewat tradisi lisan. Relief lain yang menarik adalah pohon Kalpataru yang dalam agama Hindu dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian dan keserasian lingkungan. Di Prambanan, relief pohon Kalpataru digambarkan tengah mengapit singa. Keberadaan pohon ini membuat para ahli menganggap bahwa masyarakat abad ke-9 memiliki kearifan dalam mengelola lingkungannya.

Kalau cermat, anda juga bisa melihat berbagai relief burung, kali ini burung yang nyata. Relief-relief burung di Candi Prambanan begitu natural sehingga para biolog bahkan dapat mengidentifikasinya sampai tingkat genus. Salah satunya relief Kakatua Jambul Kuning (Cacatua sulphurea) yang mengundang pertanyaan. Sebabnya, burung itu sebenarnya hanya terdapat di Pulau Masakambing, sebuah pulau di tengah Laut Jawa. Lalu, apakah jenis itu dulu pernah banyak terdapat di Yogyakarta? Jawabannya silakan cari tahu sendiri. Sebab, hingga kini belum ada satu orang pun yang bisa memecahkan misteri itu.

Bertamasya dan piknik dengan keluarga akan sangat menyenangkan apalai yang lagi kasmaran dengan pasangan.. hmmm pas banget dengan area taman sekitar candi prambanan. Sedang berbekal kamera juga sangat menjanjikan yang hobbi hunting, panorama yang indah dan memikat ini akan menjadi foto dengan background yang hidup. Seperti prngalaman mimin yang sering jalan-jalan disana hehe..

Kalau capek jalan-mengitari sekitar candi, atau capek foto-foto. Kantin dipintu keluar akan menawarkan hidangan masing-masing kantin. Semua akan ramah menyambut anda dengan menawarkan semua hidangan yang istimewa dan murah tentunya. So, tunggu apalagi .. cepetan kesana yaaa… dan jangan lupa selalu berkunjung ke blog ini ya.. agar selalu up to date!!

0 Response to "Candi Prambanan"

Posting Komentar

Terimakasih pada pengunjung setia